Dampak Cemas yang Berlebihan Bagi Kesehatan

Semua orang pasti terkadang mengalami cemas,cemas yang ringan tentu tidak akan begitu mengganggu terutama bagi kesehatan seorang weanita,namun apabila mengalami cemas yang berlebihan tentu itu tidak baik lagi bagi kesehatan.Orang yang terlalu gampang cemas bahkan untuk menghadapi masalah yang kecil saja.Akan mudah mengalami stres,dan semakin lama seseorang mengalami stres ynag berkepanjangan, akibatnya dapat menyebabkan depresi akan mengganggu kesehatan baik fisik maupun mental.


 Dampak Cemas yang berlebihan bagi  Kesehatan
cemas berlebihan




Dan berikut ini adalah dampak buruk cemas bagi kesehatan

  • Menurunkan daya tahan tubuh seseorang

Orang yang sering mengalami kecemasan yang berlebihan akan mengakibatkan dampak yang negatif bagi kesehatan,akibatnya seseorang yang sering cemas,sistem kekebalan tubuhnya menjadi lemah, untuk menangkal segala jenis penyakit yang datang,akibatnya seseorang yang mengalami hal ini mudah sekali terkena penyakit contohnya yang ringan flu batuk filek.

  • Dapat mengakibatkan terkena penyakit jantung

Semakin tinggi cemas seseorang maka semakin tinggi pula terkena stres,yang mengakibatkan seseorang mudah terserang penyakit jantung




.Menurut penelitian,cemas yang berlebihan akan meningkatkan resiko penyakit jantung oada diri sesorang sebesar 30 persen.Maka dari itulah apabila anda tidak mau terkena masalah dengan jantung sebaiknya harus bisa mengontrol diri agar tidak terlalu untuk mudah cemas.


  • Menjadi lebih cepat tua.

Muka yang terlihat keriput,rambut yang mulai beruban,penglihatan yang mulai kabur,padahal belum berusia lanjut,hampir di pastikan bahwa orang tersebut mengalami dampak negatif dari mudahnya merasa cemas yang berlebihan,ini karena sel-sel terutama pada area wajah lebih cepat mengalami penuaan dari keadaan normal pada umumnya.

  • Pnurunan  libido
Penurunan libido juga akibat dari stres dari cemas yang berlebihan,gairah dan tingkat pasangan suami istri menjadi kurang untuk bercinta.Maka dari itulah untuk menjaga keharmonisan pasangan suami istri sebaiknya anda megontrol tingkat kecemasan anda.

  • Menjadi pelupa
Sebuah studi telah dilakukan terhadap beberapa orang yang sering mengalami kecemasan dan berujung stres,ternyata menggangu kesehatan dan kinerja otak yang akibatnya pada diri seseorang yang suka cemas berlebihan akan kurang fokus dan menjadi pelupa.

  • Berat badan mudah naik

Akibat gangguan keemasan dan stres dapat mengakibatkan produksi hormon kostirol yang membawa dampak buruk,terganggunya sistem metabolisme dalam tubuh yang mengakibatkan kenaikan berat badan dengan mudah.

  • Gangguan pada sistim pencernaan.

cemas yang berlebihan juga dapat menjadi sebab terjadinya produksi asam lambung yang meningkat,dan penyakit yang sering muncul biasanya adalh maag dan iritasi pada lamnbung.maka dari itulah, orang yang sering mengalami cemas yanmg berlebihan,mudah mengalami gangguan pencernaan.


Dan demikianlah dampak cemas yang berlebihan bagi kesehatan,usahakan selalu mengontrol rasa cemas anda,atau mungkin mengalihkan perhatiandengan cara mencari kesibukan yang menyenangkan,atau sekedar berkumpul dengan teman-teman anda, agar terasa lebih ringan dari sebelumnya.Jangan lupa untuk di share  ilmunya.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Dampak Cemas yang Berlebihan Bagi Kesehatan "

Post a Comment