7 Cara Mengatasi Mual Pada Saat Hamil Secara Alami

Cara mengatasi mual pada saat hamil-Pada masa ibu hamil sebenarnya mual-mual pada pagi hari merupakan hal yang biasa terjadi yang di sebut juga morning sikness.Namun tentu mual tersebut akan cukup mengganggu aktivitas dari sang bunda,baik itu yang akan pergi ke kantor,melakukan aktivitas sebagai ibu rumah tangga,maupun aktivitas normal yang lainnya.
Cara Mengatasi Mual Pada Saat Hamil Secara Alami
mual dan muntah

Penyebab morning sickness

Apa sish penyebab dari morning sikness ini?

Rasa mual yang muncul ketika proses kehamilan terutama hamil muda terjadi karena adanya peningkatan hormon terutama hormon estorigen,progesteron dan hcG yanjg mana dengan perubahan ketiga hormon tersebut akan sangat menggangu fungsi dari beberapa organ tubuh.

Morning siknees ini akan menurun insensitasnya setiap hari,seiring bertambahnya usia kandungan.
Dan berikut ini adalah beberapa penyebab dari mual pada Ibu hamil.

1.Stress
Berupa respon negatif akibat stress yang dialami ibu hamil yakni mual-mual dan muntah-muntah.Dan muntah-muntah tersebut membuat ibu hamil semakin merasa stress

2.Kekurangan vitamin B6
Kekurangan vitamin B6 juga dapat mengakibatkan seorang Ibu hamil dapat terkena mornig sickness, dan berbahayanya lagi adalah hypermesis gravidarum yang dapat membuat seorang Ibu harus mendapatkan penangan yang itensif dari dokter.

3.Indra Penciuman yang Meningkat
Dengan meningkatnya hormon estrogen dalam tubuh akan menyebabkan sang bunda mengalami peningkatan indra penciuman,sehingga akan menolak berbagai macam bau dan tubuh meresponnya dengan mual-mual dan muntah-muntah.

4.Sistem Metablisme Tubuh
Sering berubahnya sistem metabolisme dalam tubuh menjadi salah satu penyebab dari sang bunda mengalami mornig sickness,ini diakibatkan karena ada pertukaran zat dalam tubuh yang juga mempengaruhi beberapa organisme dalam tubuh.Hal ini lah yang menyebabkan sang Ibu hamil mengalami mual-mual dan muntah-mntah.

5.Gangguan Enzim
Gangguan enzim pada Ibu hamil terjadi pada yang mempunyai asam lambung,pada asam lambung ibu hamil makanan bergerak secara lambat yang menyebabkan lambung menjadi kosong.Dan apabila itu di biarkan dalam waktu lama akan membuat perut kosong dan mengakibatkan mual-mual dan muntah.

Baca Juga 




Tips Cara Mengatasi Mual dan Muntah Pada Saat Hamil.


1.Porsi Kecil
Makanlah dalam porsi yang kecil saja namun dalam intensitas yang sering,Karena apabila dengan langsung porsi yang besar maka akan membuat perut penuh dan disusul dengan rasa mual.

2.Permen mint
Ketika Ibu hamil sering mual dan muntah-muntah,akan membuat lidah dan mulut terasa tidak enak dan pahit,apabila ini didiamkan akan muntah-muntah kembali,Sang Ibu bisa menyiasatinya dengan perment berasa dan beraroma mint,agar rasa pahit dan tidak enak dalam lidah hilang.

3.Istirahat yang Cukup

Istirahat lah yang cukup,mulailah kurangi aktifitas yang berat,dan janganlah melakukan aktivitas tidak perlu dan membuang banyak tenaga,kurangi porsi kerja yang terlalu menguras fikirran,perasaan stress pada pekerjaan jangan sampai membuat anda mual-mual dan muntah.

4.Olahraga Ringan
Olahraga tetap menjadi salah satu solusi untuk menjaga kebugaran,salah satunya untuk ibu hamil,namun tentunya di sesuaikan dengan kondisinya,Ibu hamil dianjurkan untuk berolah raga ringan saja seperti jalan-jalan kecil di pagi dan sore hari,maupun senam khusus untuk ibu hamil.


5.Buah-buahan Segar
Komsumsilah beberapa buah-buahan segar setiasp harinya,atau anda bisa menjadikannya sebagai kudapan di rumah.Pilh lah buah buahan yang mengandung antioksidan yang tinggi dan mempunyai banyak vitamin yang banyak diperlukan tubuh.
Cara Mengatasi Mual Pada Saat Hamil Secara Alami
buah untuk ibu hamil

Perlu menjadi catatan ada beberapa buah yang justru dilanrang untuk ibu hamil seperti buah nanas,maupun buah durian yang mempunyai aroma cukup menyengat yang dapat membuat mual-mual.

6.Banyak Konsumi air Putih
Perbanyaklah untuk mengkonsumsi air putih,ini bertujuan agar ketika anda mengalami dehidrasi akibat muntah-muntah,maka air yang kita minum akan menggantikannya.

7.Stok makanan ringan
Menyediakan makanan ringan yang dianjurkan diantaranya kue,ini di maksudkan agar perut tidak kosong,dan sebagai solusi ketika merasa lapar di malam hari.


Dan itulah beberapa tips cara mengatasi mual dan muntah pada saat hamil secara alami,tetap peduli dan jaga asupan gizi untuk ibu hamil,karena yang ibu hamil makan makan itulah yang dikonsumsi oleh calon buah hati.Semoga artikel ini bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Cara Mengatasi Mual Pada Saat Hamil Secara Alami"

Post a Comment