7 Cara Memperlancar Asi Untuk Tumbuh Kembang Anak

Cara memperlancar asi -Setelah bayi lahir kewajiban bagi seorang ibu adalah menyusui atau memberikan ASI (Air Susu Ibu).ASI sendirimerupakan makanan dan minuman yang paling bagus untuk bayi pada usia 0-6 bulan.
7 Cara Memperlancar Asi
ibu menyusui

Setelah bayi berusia 6 bulan,ASI bisa di berikan susu formula,namun walaupun susu formula sudah banyak zat-zat yang meniru asi namun susu formula tidak sebaik dan sesehat ASI.

Manfaat ASI

1. Meningkatkan Kecerdasan
Manfaat dari ASI yang paling baik salah satunya adalah dapat meningkatkan kecerdasan otak dan kecerdasan secara psikologis pada anak.Di dalam ASI terdapat zat-zat yang baik dan sehat yang tidak terdapat pada susu formula manapun yang di buat manusia.

2.Meningkatkan Daya Imun Bayi
Bayi yang di beri ASI akan lebih terjaga kekebalan tubuhnya ketimbang bayi yang di berikan susu formula.Bayi yang diberika susu formula cenderung akan lebih lemah daya imunnya dan akan mudah di serang penyakit di banding bayi yang di berikan susu formula.

3.Mencegah dan Menghindari Virus
Proses pencernaan pada bayi tentu masih sangat sensitif terserang berbagai jenis virus,sehingga tidak semua jenis susu formula akan cocok untuk bayi,Berbeda dengan ASI yang meningkatkan daya imun pada bayi sehingga usus bayi akan terhindar dari virus.

Seorang ibu yang memberikan bayi ASI secara rutin akan membantunya untuk mengembalikan ukuran bentuk dan berat badan pada bagian perut ke ukuran semula.

Ketika sang bayi lapar minta di susui tengah mlam,sang ibu tidak perlu repot-repot untuk membuat susu formula untuk bayi.

5.Meringankan Pengeluaran Keluarga
Tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli susu formula,atau alat perlengkapan untuk menyusui seperti untuk mensterilkan botol susu.ASI keluar secara alamiah,dan lebih sehat dan mencerdaskan,sang ibu cukup memperhatikan pola asupan makanan yang baik untuk ASI.

6.Menjalin Hubungan Yang Erat Dengan Bayi
Secara tampa di sadari bahwa ketika seorang Ibu sedang menyusui ternyata dapat membatu untuk menjalin hubungan secaran psikologis ataupun secara emosional dengan sang,bayi.
Cara Memperlancar Asi
hubungan erat ibu dan bayi

Penyebab Asi Sulit Keluar

Berikut ini adalah beberapa penyebab ASI sedikit keluar pada ibu menyusui.

1.Kesehatan ibu sedang menurun atau terganggu,akibatnya berdampak pada produksi dari ASI,sebaiknya sang Ibu beristirahat yang cukup agar lebih fit.

2.Kurang memperhatikan asupa gizi yang baik untuk memperoleh ASI yang berkualitas dan banyak
Cara Memperlancar Asi
gizi untuk ibu menyusui

3.Terlalu lelahnya kondisi sang ibu sehingga kurang dalam memproduksi ASI

4.Wanita yang melakukan oprasi payu dara bisa menyusui bayinya hingga usia enam bulan,namun untuk sebagian wanita lainnya sulit untuk mengeluarkan ASI sehingga perlunya bantuan dari sang ahli.


Cara Memperlancar ASI

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memperlancar dan memperbanyak ASI,guna menunjang kebutuhan gizi dan perkembangan bayi.

1.Usahakanlah untuk sesering mungkin dalam memberikan ASI kepada sang bayi,walaupun anda harus memerahnya.Secara alamiah,dengan seringnya anda memberikan ASI akan menigkatkan produksi ASI anda.


2.Buatlah Suasana Rileks
Ketika anda sedang menyusui usahakan sebaiknya anda menciptakan suasana yang tenang dan ciptakan kontak kulit dengan bayi,agar produksi ASI semakin lancar.

3.Rajin Membersihkan puting susu,baik itu menggunakan air bersih maupun menggunakan minyak,hal ini dilakukan agar epitel sisa menyusui tidak menempel,yang dapat menghalangi aliran ASI ketika menyusui.

4.Perbanyaklah minum air putih serta minum jus atau buah dan sayuran yang segar,untuk ibu hamil sangat di haramkan untuk meroko karena dapat membawa efek secara kimia dan menganggu produktivitas ASI dan kesehatan bayi.
Cara Memperlancar Asi
perbanyak minum air putih

5.Pada saat anda mandi,cobalah untuk menari-narik puting susu anda agar memudahkan sang bayi dalam menyusui nanti.

6.Cobalah untuk menyusui bayi dalam waktu yang lama,ini bertujuan agar mengosongkan sisa-sisa ASI yang telah di produksi saat itu dan kemudian memproduksi ASI yang berikutnya.

7.Lakukan pijatan atau pompa ASI untuk menghabiskan ASI.Ini dilakukan agar lebih memancing ASI untuk lebih cepat keluar.


Nah itulah beberapa cara memperlancar ASI,ASI merupakan makanan dan minuman yang terbaik bagi sang bayi,maka dari itulah sebaiknya bayi anda mendapatkan ASI setelah melahirkan,setidaknya hingga usia 6 bulan.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Cara Memperlancar Asi Untuk Tumbuh Kembang Anak"

Post a Comment